KPK Klaim Sudah Mendeteksi Keberadaan Buronan Harun Masiku

0 9

BABELTODAY.COM, Jakarta – Melalui keterangan Wakil Ketua KPK, usai menghadiri rapat Komisi III DPR, Alexander Marwata mengatakan pihak KPK mengklaim telah mendeteksi keberadaan buronan kasus suap, eks caleg PDIP, Harun Masiku. Alex berharap bahwa dalam kurun waktu satu minggu kedepan Harun Masiku bisa segera tertangkap. Rabu (12/6/2024)

Foto insert: Alexander Marwata

“Saya pikir sudah, penyidik sudah mengetahui lokasi keberadaan Harun Masiku,” kata Alex.

“Mudah-mudahan saja dalam satu minggu ketangkap. Mudah-mudahan,” tambahnya.

Informasi yang disampaikan Alex sekaligus membantah kabar tudingan terhadap pemeriksaan Hasto Kristiyanto yang bermuatan politis.

Menurut Wakil Ketua KPK, Alexander, pimpinan KPK tak pernah menerima intervensi atau tekanan dari pihak luar untuk mengusut kasus tersebut, terlebih ada pihak yang menduga semuanya dikaitkan dengan situasi politik siapa yang memegang kendali kekuasaan pemerintahan sekarang ini.

Pemeriksaan yang telah berjalan sejak empat tahun belakangan samapi sekarang, memang banyak kendala dalam melacak keberadaan Harun Masiku.

Dalam keterangan Alex, pemeriksaan terhadap Hasto hanya bagian dari prosedur biasa karena penyidik sempat mendengar posisi keberadaan Harun di Jakarta. Oleh karenanya, penyidik coba meminta keterangan terhadap pihak-pihak yang terkait dalam usaha menggali informasi keberadaan Harun Masiku.

Harun Masiku adalah buronan kasus suap terhadap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan agar bisa duduk dikursi DPR RI Senayan menggantikan Nazarudin Kiemas yang lolos ke DPR namun meninggal dunia.

Sedangkan Wahyu yang divonis dengan pidana tujuh tahun penjara telah mendapatkan keringanan Pembebasan Bersyarat sejak 6 Oktober 2023.

Dengan perkembangan terbaru ini, publik menantikan upaya KPK untuk menangkap Harun Masiku sesuai dengan harapan yang diungkapkan oleh Alex. Sembari itu, spekulasi dan pengawasan terhadap proses hukum tersebut tetap menjadi sorotan utama di tengah dinamika politik yang terus berkembang. (Moenk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!