Pusat Informasi Bencana, BPBD Bangka Bentuk Tim Pusdatin

0 239

 

BANGKA,Babeltoday.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, provinsi Bangka Belitung , Rabu (17/5/23) memperkenalkan tim Pusdatin BPBD kabupaten Bangka. Tim Pusdatin tersebut telah terbentuk pada bulan Pebruari 2023 lalu.

Kepala pelaksana BPBD kabupaten Bangka, Ridwan S.PKP mengatakan, tim Pusdatin tersebut terdiri dari 5 staf dan 1 pengawas, masing masing memiliki peran dalam media sosial dengan peran untuk memberikan informasi kebencanaan, prakiraan cuaca, data bencana, dan edukasi edukasi pengatahuan tentang cara mengatasi kebencanaan.

“Pusdatin BPBD ini adalah sebuah unit atau tim di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka yang bertanggung jawab dalam mengelola pusat data dan informasi,” terang Ridwan.

Selain itu, menurutnya hal ini pun dianggap merupakan salah satu inovasi baru dalam pelayanan publik yang bertujuan untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat melalui media sosial seperti Instragram, Facebook, Twitter, Tiktok, YouTube, dan website resmi BPBD Bangka.

Selain itu tim Pusdatin BPBD Bangka ini memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi terkait bencana alam, langka langkah penanggulangan, serta upaya pemulihan pasca bencana kepada masyarakat kabupaten Bangka.

Ridwan juga menyampaikan, melalui Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, dan YouTube, tim Pusdatin BPBD Bangka dapat membagikan konten-konten informatif seperti video edukasi, infografis, dan artikel artikel terkait bencana.

Maka dari itu masyarakat dapat mengikuti akun aku resmi BPBD kabupaten di media sosial agar bisa mendapatkan informasi terkini, tips keselamatan, dan tindakan yang perlu diambil dalam menghadapi bencana.

Selain itu, Tim Pusdatin BPBD Bangka juga memiliki website resmi yang menjadi sumber informasi utama terkait bencana di wilayah tersebut.

Website ini menyediakan berbagai informasi tentang perencanaan penanggulangan bencana, skema evakuasi, kontak darurat, dan laporan terkini terkait kondisi bencana di kabupaten Bangka.

Dengan mengakses website ini, masyarakat dapat memperoleh informasi secara lengkap dan mendalam mengenai bencana dan tindakan yang dapat diambil dalam situasi darurat.

Dengan adanya Tim Pusdatin BPBD Bangka dan penggunaan media sosial serta website resmi, pelayanan publik terkait penanggulangan bencana di Bangka menjadi lebih mudah dijangkau oleh masyarakat

“Ini memungkinkan penyebaran informasi yang lebih cepat dan luas, sehingga masyarakat dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi bencana serta mengurangi risiko yang mungkin terjadi” tutur Ridwan selaku kepala pelaksana BPBD kabupaten Bangka. (KBO Babel/Anugerah)

Berikut nama nama Staf Pusdatin, pengawasan Pusdatin beserta nama nama media sosial BPBD kabupaten Bangka ;

– Prayito ( Pengawas Pusdatin )
– Andhika ( staf pusdatin )
– Ery ( staf pusdatin )
– Syndi ( staf pusdatin )
– Sifra ( staf pusdatin )
– Sulfiana ( staf Pusdatin )

-Facebook : @bpbdbangka
-Twitter : @bpbdbangka
-Instagram :@bpbdbangka
-Tiktok : bpbdbangka
-Youtube : bpbdbangka
-Link call center : mez.ink/bpbdbangka

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!