Benarkah Tambang Ilegal Di Perairan Nelayan I Sungailiat Dibekingi Oknum Aparat?

0 171

Foto : Puluhan ponton TI Tower tambang ilegal kini merambah kawasan DAS perairan Lingkungan Nelayan I Sungailiat. (Ist)

 

 

Hasil Tambang Ditampung Bos Timah Pangkalpinang

BANGKA,BabelToday.com – Aktifitas penambangan biji timah ilegal di kawasan atau wilayah perairan lingkungan Nelayan I Sungailiat, Kabupaten Bangka kini menuai sorotan publik.

Terlebih beredar kabar miring di tengah masyatakat jika aktifitas puluhan ponton tambang inkonvensional (TI) jenis Tower merambah kawasan alur Daerah Aliran Sungai (DAS) hingga kawasan bakau di lingkungan Nelayan I Sungailiat dan sekitar lantaran aktifitas ilegal ini diduga dibekingi segelintir oknum aparat.

Tak pelak hingga oknum para pelaku tambang yang nakal ini pun nekat menghancurkan kondisi alur kawasan perairan setempat.

Sementara informasi yang berhasil dihimpun tim media ini di lapangan menyebutkan jika oknum aparat yang membekingi aktifitas tambang ilegal di perairan lingkungan Nelayan I Sungailiat itu menaungi alias ‘menkoordinir’ guna menjamin keamanan bekerja bagi kelompok penambang ilegal tersebut jika suatu ketika adanya giat razia penertiban tambang dari tim aparat gabungan.

Sementara hasil atau perolehan aktifitas tambang ilegal di kawasan setempat atau kegiatan dari kelompok tertentu yakni kelompok AP dan A ditampung oleh oknum pengusaha timah asal Kota Pangkalpinang berinisial Ah. Sementara Ah pun diback up oleh oknum aparat memiliki seragam.

 

Oknum Tokoh Pemuda Terlibat Tambang Ilegal Ternyata Pengurus Inti KNPI Bangka

Aktifitas tambang ilegal di kawasan perairan Nelayan I Sungailiat, Bangka tersebut memang diduga ditenggarai oleh segelintir oknum aparat termasuk oknum tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat.

Seperti halnya AP seorang tokoh pemuda yang disebut-sebut ikut berperan dalam aktifitas tambang ilegal tersebut saat dikonfirmasi oleh tim media ini melalui pesan singkat atau What’s App (WA), Jumat (31/12/2021) siang, AP justru tak menampik jika dirinya ikut terlibat dalam pusaran aktifitas tambang ilegal tersebut.

“Kalo (kalau — red) bicara terlibat, masyarakat kampung yg begawe disitu, panitia warga kampung (lingkungan Nelayan I Sungailiat — red), ku pemuda kampung situ…otomatis terlibat be disitu sebagai pemuda,” ungkap AP dalam pesannya itu.

Bahkan ia pun menegaskan andaikan dirinya tak mengakui keterlibatanya terkait aktifitas tambang ilegal di kawasan perairan lingkungan Nelayan I Sungailiat tersebut dianggapnya hal yang tak mungkin.

“Kalo ku (kalau saya — red) bilang dak, dk mungkin pas belakang rumah ku bang,” tegas tokoh pemuda yang pernah mencalonkan diri sebagai caleg di Kabupaten Bangka ini.

Tak cuma itu informasi lainnya pun menyebutkan jika AP sendiri merupakan sosok seorang yang aktif berorganisasi, bahkan diketahui yang bersangkutan (AP) ini sekarang aktif di organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bangka.

Hal tersebut dibenarkan pula oleh ketua KNPI Bangka, Ismir saat dikonfirmasi perihal sosok AP merupakan pengurus ini yang memiliki jabatan penting dalam organisasi kepemudaan ini, namun AP sendiri pun diduga ada keterlibatan dalam aktifitas tambang ilegal di perairan Nelayan I Sungailiat.

“Bnr bang. Wakil ketua di kepengurusan kite bang (KNPI Bangka — red),” sebut Ismir saat dikonfirmasi melalui pesan WA, Jumat (31/12/2021) siang.

Namun Ismir menegaskan jika yang bersangkutan (AP) dalam hal aktifitas tambang ilegal di perairan Nelayan I Sungailiat, Bangka sama sekali tidak ada kaitannya dengan organisasi KNPI Bangka yang dipimpinnya saat ini meski AP menjabat selaku Wakil ketua KNPI Bangka.

“Bnr bang. Wakil ketua di kepengurusan kite bang, Cuma klo kegiatan di situ die (AP — red) sbgai humas bang. Karena die jg warga nelayan 1. Bukan bawa bendera organisasi (KNPI Bangka — red) e bang” tegas Ismir.

(Tim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.