DPRD Kabupaten Bangka Gelar RDP Bahas Revisi Perda Pembangunan Masjid Agung

0 20

BANGKA,Babeltoday.com – Upaya meningkatkan potensi kepariwisataan di wilayah Kabupaten Bangka pihak Pemkab Bangka berencana akan melaksanakan pembangunan masjid Agung Sungailiat guna dijadikan objek wisata religi.

Rencana pembangunan masjid Agung sebagai wisata religi di Kota Sungailiat ini didasari peraturan Daerah (Perda) Nomor : 3 tahun 2020 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan Kabupaten Bangka tahun 2019-2025.

Oleh karenanya pihak DPRD Kabupaten Bangka akan melakukan peninjauan kembali atau merevisi kembali terkait Perda Nomor : 3 Tahun 2020 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan Kabupaten Bangka tahun 2019-2025 itu.

Pembahasan rencana pembangunan masjid Agung Sungailiat sebagai wisata religi ini pun dikemas dengan giat rapat dengar pendapat (RDP).

Dalam RDP kali ini, Jumat (28/4/2023) digelar di ruang Banmus dipimpin oleh anggota DPRD Kabupaten Bangka, Denny Hasbi SE bersama gabungan Komisi 1, 2 dan Komisi 3 termasuk pihak pengurus Badan Pelaksana Pengelola Masjid Agung Sungailiat (BPP-MAS).

RDP tersebut juga dihadiri pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka, Bidang Kesra Bangka, Bagian Hukum Setda Bangka serta Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bangka..

Wakil Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Agung Sungailiat (BPP-MAS), H Mat Zen Mat Yasin mengapresiasi pihak DPRD Bangka untuk mewujudkan masjid Agung Sungailiat menjadi salah satu wisata religi di Kabupaten Bangka.

Untuk itu dalam RDP ini, pihaknya berharap agar dapat meninjau ulang (merivisi) Perda nomor 3 tahun 2020 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan kabupaten bangka tahun 2019-2025.

“Dalam Perda no 3 tahun 2020 status Masjid Agung Sungailiat sebagai jenis wisata unggulan ditetapkan kawasan wisata penunjang untuk dimasukan ke dalam kelompok Kawasan Strategis Pariwisata (KSP) Kabupaten Bangka,” pungkasnya

Sementara itu, Denny Hasbi,SE sangat mendukung aspirasi dari pengurus BPP-MAS untuk menjadikan masjid Agung Sungailiat sebagai kawasan wisata religi.

“Kami akan berkoordinasi dengan kawan-kawan di DPRD Bangka untuk menjadikan Masjid Agung sebagai kawasan wisata religi yang semula pada perda no 3 tahun 2020 sebagai jenis wisata unggulan untuk dimasukkan ke dalam kelompok KSP,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Denny Hasbi, Kami berharap pengurus BPP-MAS untuk menyampaikan klausul kepada DPRD Bangka. sehingga apa yang dimaksud akan memperkuat untuk mencapai tujuan tersebut, karena Kami butuh Legal standing dan aturan yang kuat, tidak akan mungkin Pemkab Bangka akan mengeluarkan bantuan untuk mewujudkan Masjid Agung sebagai Ikon Kota Sungailiat.

“Dalam RDP ini, Gabungan Komisi DPRD sudah sepakat untuk mendukung penuh aspirasi dari pengurus BPP-MAS dan Kami akan berkirim surat kepada Pimpinan DPRD dan Bupati Bangka,” terangnya. (Anugra)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!