Edan! Puluhan Makam Di TPU Tionghoa Dicoret-Coret Oknum

0 150

 

* Kasat Reskrim Polres Bangka ‘Bungkam’

BANGKA,Babeltoday.com – Entah pikiran apa yang ada di benak pelaku ini, bahkan nekat melakukan perbuatan tak terpuji yakni mencoreti sejumlah makam sehingga kondisi makam etnis Tionghoa yang terletak di kawasan tempat pemakaman umum (TPU) Kemujan, Yayasan Sejahtera, Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka kini terlihat kotor.

Kejadian tersebut sempat mengagetkan pihak pengurus perkuburan TPU Yayasan Sejahtera Sungailiat, lantaran sama sekali tak menyangka bakal ada kejadian aksi mencoret dinding makam di kawasan TPU setempat.

Informasi yang berhasil dihimpun tim KBO Babel menyebutkan jika kejadian  tindak mengotori makam di TPU Yayasan Sejahtera Sungailiat tersebut terjadi belum lama ini atas menjelang perayaan tahun baru Imlek 2023.

“Kejadian tersebut diketahui saat warga Tionghoa melakukan ritual sembahyang di perkuburan itu dalam rangka Imlek 2023 beberapa hari lalu,” ungkap Wawan selaku pengurus TPU Yayasan Sejahtera Sungailiat, Jumat (27/1/2023) di Sungailiat.

Detailnya menurut Wawan, jika kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu sekitar pukul 10.00 WIB pagi, dan saat itu ia kebetulan berada, awalnya ia sendiri tak melihat kejadian apapun di lokasi TPU setempat. Namun alangkah terkejutnya ia setelah mengetahui puluhan makam di TPU setempat kini telah tercoret-coret.

“Sebelum kejadian itu kebetulan saya memang saya ada ke sana namun belum ada apa-apa. Nah waktu sore itu udah kena coretan orang, entah siapa siang apa sore saya kurang tahu juga pak,” terang Wawan mencoba menceritakan kronologis kejadian kepada tim KBO Babel, Jumat (27/1/2023).

Pantauan tim KBO Babel di lapangan terlihat sedikitnya ada 20 bangunan dinding kubur dikotori oleh tindak coretan oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Coretan di sejumlah makam tersebut diduga menggunakan cat pilox bewarna, bahkan ada coretan seperti tulisan selain coretan tanda silang.

Meski begitu , Wawan tak menampik jika di kawasan area perkuburan tersebut kerapkali dijadikan arena tempat nongkrong para kaum muda-mudi. Namun diakuinya jika kejadian tindakan pencoretan dinding bangunan makam di TPU itu justru baru kali ini.

Informasi lainnya berhasil dihimpun tim KBO Babel pun menyebutkan jika kejadian tersebut sempat dilaporkan oleh pengurus TPU Yayasan Sejahtera Sungailiat ke pihak aparat berwajib yakni Polres Bangka.

Namun sayangnya pihak Polres Bangka saat dikonfirmasi terkait kejadian pencoretan dinding bangunan makam justru tak menjawab alias ‘bungkam’ ketika tim mencoba menghubungi Kasat Reskrim Polres Bangka, AKP Rene Zakharia pesan singkat atau What’s App (WA), Kamis (27/1/2023) sore meski pesan diketahui terbaca. (KBO Babel)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!