Kasrem 045/Gaya: Budaya Kita Menjunjung Tinggi Kesopanan, Paling Hebat Di Dunia

0 24

Foto : Kasrem 045/Garuda Jaya, Kolonel Inf Parluhutan Marpaung saat menjadi pemateri dalam seminar budaya Nasional. (ist)

PANGKALPINANG,Babeltoday.com – Kasrem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf Parluhutan Marpaung mewakili Danrem Brigjen TNI Ujang Darwis, MDA tampil sebagai narasumber atau pembicara dalam acara Seminar Budaya Nasional yang diadakan oleh Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) dan Kantor Berita Online Babel Jumat (16/12/2022) di Aula Makorem.

Seminar Budaya Nasional ini dengan tema “Melalui Keberagaman Budaya Daerah Kita Harmonikan Semangat Bhineka Tunggal Ika Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Dalam Bingkai NKRI”.

Dalam kegiatan tersebut Kasrem mengatakan budaya Indonesia paling baik di dunia ini, tidak ada yang lebih hebat dari budaya Indonesia dan budaya kita luar biasa tidak ada di negara lain.

 

Salah satu contoh kecil budaya kita yang sering kita lakukan antara lain saat memberi sesuatu kepada orang lain selalu dengan tangan kanan.

“Ataupun melewati di depan orang lebih tua dari kita selalu mengambil sikap menundukkan badan dan ini tidak ada di luar negeri,” kata Kasrem.

Kolonel Parluhutan mengharapkan budaya kita inilah yang harus tetap kita pertahankan jangan sampai tergerus oleh era demokrasi lalu kita lupakan budaya kita yang telah di wariskan oleh leluhur kita.

Ia melanjutkan bahwa nilai demokrasi yang paling utama adalah kemanusiaan yang universal, kebebasan terhadap setiap orang dijamin dalam menjalankan setiap haknya.

 

“Fenomena yang terjadi saat ini yang di alami bangsa kita sangat luar biasa akibat demokrasi yang salah di artikan dan dijalankan sehingga budaya kita terkadang ditinggalkan,” ungkapnya.

Kasrem menambahkan dalam kontek bela negara, semua yang ada di NKRI ini memiliki peran dalam rangka bela negara, dan dalam bela negara ada komponen utama, komponen cadangan dan komponen pendukung. Dalam UU pertahanan negara sudah jelas tertera bahwa setiap elemen bangsa terlibat, memiliki hak dan kewajiban dalam bela negara. Tegasnya.

Turut serta sebagai narasumber dalam acara tersebut Ketua Umum lintas Budaya Nusantara sekaligus Dewan Pembina KBO Babel Irjen Pol (Purn) Dr Drs H Anton Charliyan, MPKN, Kapolda Babel yang di wakili oleh Kombes Pol Maladi.

Narasumber lainnya Ketua adat LAM/tokoh masyarakat Babel Prof Dr Bustami Rahman, M.Sc dan Ketua majelis adat budaya Melayu Indonesia Kepulauan Babel Marwan Al Jafri, S.Ag serta Ketua Umum Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) Mahmud Marhaba, S.Pd.

(*/Penrem 045/Gaya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!