Proyek Wood Chip Proyek Pemulihan Ekonomi Nasional Mendapat Pengawalan Dari Pemerintah

1 2,229

BANGKA,Babeltoday.com – Proyek pengadaan bahan baku ampas kayu (Wood Chip) guna dijadikan biomassa untuk kebutuhan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Mendapatkan pengawalan dari institusi yang berwenang lantaran proyek tersebut untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk kesejahteraan rakyat khususnya di Bumi Serumpun Sebalai.

PT Mentari Biru Energy (MBE) sebagai anak perusahaan PT Maharaksa Biru Energi Tbk akan segera meresmikan pembangunan pabrik potongan kayu atau Wood Chip.

Pabrik tersebut terletak di Desa Air Duren, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka secara khusus akan memenuhi kebutuhan biomassa campuran batu bara atau co-firing pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU Air Anyir di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

PT Maharaksa Biru Energi Tbk (OASA) membangun pabrik Wood Chip terbesar untuk co-firing pembangkit listrik PLN di Bangka.

Nilai investasi yang digelontorkan untuk pembangunan ini mencapai Rp 200 miliar, dan direncanakan akan selesai tahun 2024.

Melalui investasi ini, kapasitas pabrik baru di Bangka Belitung akan meningkat dari 1.500 ton per bulan menjadi 6.000 ton per bulan.

Hasil dari biomassa di pabrik ini nantinya akan difokuskan untuk memasok bahan baku ke PLTU Air Anyir milik PLN.

PT Maharaksa Biru Energi Tbk melalui anak usahanya PT MBE terhitung sejak Januari 2023 telah menyuplai 1500 ton Wood Chip untuk PLTU Air Anyir dalam rangka Bangka Belitung Green Energy.

Selain itu juga untuk memenuhi target pemerintah menuju transisi energi dari energi fosil menjadi energi terbarukan (ET) dengan cara mengganti batubara dengan biomassa.

Masyarakat Bangka Belitung berharap keberadaan perusahaan ini dapat memberikan manfaat dan efek multiplayer yang baik dalam pemulihan ekonomi nasional untuk meningkatkan kesejahteraan Rakyat khususnya bagi masyarakat Bangka Belitung. (KBO Babel/tim)

1 Comment
  1. Ardhy says

    Mantap, sinergitas antara Kepolisian dengan MBE untuk mengusung dan mengawal program dunia menuju zero net emisi carbon, semoga bangka belitung menjadi pioner dalam ketahanan energi

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!