Warga Keluhkan Jalan Sungailiat-Bakam Kondisi Rusak Parah

0 88

Foto : Beginilah kondisi ruas jalan Bakam-Sungailiat mengalami kerusakan cukup parah. (Heru)

BANGKA,Babeltoday.com – Warga Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka keluhkan ruas jalan di wilayah setempat kini kondisinya rusak parah. Kondisi kerusakan jalan setempat hampir bertahun-tahun hingga terkesan luput dari perhatian pemerintah daerah.

Kondisi ruas jalan yang mengalami kerusakan tersebut diperkirakan kurang lebih sepanjang 38 km dan dipenuhi dengan lobang-lobang, sehingga kondisi ini pun dianggap menghambat aktifitas para pengendara yang melintas ruas jalan tersebut. 

Menurut Kepala Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Andry jika rusaknya jalan Sungailiat-Bakam ini terjadi relatif lama bahkan sudah bertahun-tahun. Lantaran kondisi jalan rusak parah, banyak masyarakat yang mengeluh lantaran jalan yang dimaksud dianggap menghambat aktifitas warga yang melintas. Bahkan sering terjadi kecelakaan.

“Jalan ini merupakan urat nádi perekonomian. Kalau jalan rusak seperti ini, bagaimana masyarakat beraktivitas mencari nafkah. Belum lagi sering terjadi kecelakaan,” ujar Andry ketika ditemui diruang kerjanya, Selasa (7/9/2021).
 
Dijelaskan Andry, jika pihak desa setempat sempat melapor pihak intansi terkait ternasuk pihak DPRD Bangka maupun Pemkab Bangka, namun sayangnya disesalkanya justru tidak ada tanggapan.

Padahal jika jalan di suatu desa kondisinya menunjang, maka manfaatnya akan berdampak dengan kehidupan masyarakat sekitar dan pengguna jalan yang beraktifitas menggunakan jalan itu.

“Dimana kita tau, jalan ini urat nádi perekonomian. Karena jika jalan itu baik, maka sejumlah bidang yang ada disuatu desa akan baik juga. Namun kalau kondisi jalan rusak parah bertahun-tahun, tentu menghambat kemajuan desa,” tuturnya.

Ditambahkan Andry, untuk itu, pihaknya berharap kepada wakil rakyat daerah ini, bupati, gubernur hingga presiden RI untuk dapat memperhatikan jalan Sungailiat-Bakam yang kondisinya memperihatinkan.

“Saya dan warga mau mengadu kemana lagi. Tolong kami pak Jokowi, kami ini bagian dari Indonesia juga. Masak didaerah kami ini, sudah berapa kali ganti bupati, gubernur, tapi jalan tetap rusak, kami mohon peningkatan jalan,”harapnya.

Masih dikatakan Andry, di daerahnya saat ini terdapat 5 desa yang ada di Kecamatan Bakam yang mengalami kerusakan jalan, mulai dari desa Penyamun, Bukit Layang, Mangka, Mabat hingga Bakam yang menjadi akses jalan penghubung antar kecamatan dengan kota Sungailiat.

Namun sayangnya kondisi sejumlah ruas jalan setempat kondisinya kini rusak parah.

“Dari semua desa yang ada di Kabupaten, hanya jalan Sungailiat-Bakam yang kondisinya memprihatinkan,” tandasnya. (Heru

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!