Masalah Alur Tak Kunjung Tuntas, LSM KPMP Bangka Ancam Kumpulkan Massa Nelayan Siap Demo Besar-Besaran

0 88

Foto : Suhendro saat meninjau ke lokasi alur muara Air Kantung, Sungailiat. (Ist)

BANGKA,Babeltoday.com – Persoalan alur muara Air Kantung, Sungailiat, Kabupaten Bangka tak hanya menjadi sorotan pihak Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, namun masalah ini pun ikut menjadi perhatian serius aktifis LSM Komando Pejuang Merah Putih (KPMP) Kabupaten Bangka.

Terlebih persoalan kegiatan pendalaman alur muara Air Kantung, Sungailiat sampai saat ini belumlah memberikan dampak signifikan pasca pencabutan ijin lingkungan oleh pemerintah daerah terhadap PT Pulomas Sentosa, hingga kini masyarakat nelayan setempat hanya bisa pasrah.

Oleh karenanya ketua LSM KPMP Kabupaten Bangka, Suhendro kini turut pula menekan atau mendesak pihak pemerintah daerah agar segera menindaklanjuti aspirasi nelayan setempat kini masihlah mengeluhkan seputar kondisi alur muara Air Kantung, Sungailiat kini semakin parah.

Foto : Saat ini kondisi alur muara Air Kantung, Sungailiat semakin parah, akibatnya sebagian besar nelayan setempat tak dapat melaut mencari nafkah. (Ist)

Sebaliknya jika pihak pemerintah daerah belum juga memberikan respon cepat maka Suhendro mengancam akan menentukan sikap tegas yakni dirinya berencana akan mengumpulkan massa nelayan di wilayah Sungailiat guna menggelar aksi demo besar-besaran.

“Saya anggap ini sudah melewati batas kewajaran. Dalam waktu dekat ini kami bakal menggelar aksi demo besar-besaran, coba bayangkan alur muara Air Kantung itu kan merupakan akses para nelayan mencari nafkah saat ini malah para nelayan seperti mati suri karena tak bisa melaut mencari nafkah,” ungkap Hendro kepada wartawan di Sungailiat, Rabu (11/5/2022) siang.

Hendro pun mengaku jika sebelumnya atau baru-baru ini dirinya sempat terjun ke lapangan (lokasi alur muara Air Kantung – red) guna menyaksikan secara langsung terkait kondisi alur muara Air Kantung, Sungailiat.

“Saat saya meninjau ke lokasi (alur muara — red) saya pun ketika sempat berdialog dengan sejumlah nelayan di sana. Mereka (para nelayan — red) saat ini sudah merasa capek dan ini dirasakan sudah cukup lama,” tegas Suhendro.

Kembali ditegaskan Hendro jika kali ini aspirasi para nelayan setempat memang murni tanpa ada kepentingan lainnya selain dari kepentingan alur muara alur muara Air Kantung Sungailiat bisa dilalui oleh masyarakat nelayan setempat.

Foto : Aksi demo LSM KPMP Kab Bangka bersama para nelayan Sungailiat di halaman kantor Gubernur Babel beberapa waktu lalu. (ist)

Perjuangan aspirasi para nelayan Sungailiat ini terkait persoalan alur muara Air Kantung ini sebelumnya ditegaskan Suhendro sempat ia bersama sejumlah massa nelayan Sungailiat menggelar aksi demo di kantor Gubernur Babel.

Dalam aksi demo tersebut Suhendro bersama perwakilan nelayan Sungailiat mendesak Gubernur Babel agar segera memcarikan solusi permasalahan alur muara Air Kantung Sungailiat sampai saat ini mengalami pendangkalan lebih parah.

Penyampaian aspirasi tersebut pun diutarakan langsung di hadapan wakil Gubernur Babel, Fatah saat perwakilan nelayan termasuk ketua LSM KPMP Kabupaten Bangka (Suhendro) saat dialog di dalam gedung kantor Gubernur Babel kala itu. (Yan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.